Thursday, September 2, 2010

Hindari si Penebar Racun

Inilah lima tipe orang yang bisa "meracuni" hidup Anda.


Keracunan bukan hanya bisa disebabkan oleh makanan atau zat-zat lain yang masuk ke tubuh atau terpapar di kulit. Bergaul dengan tipe-tipe orang tertentu juga bisa menyebabkan seseorang mengalami keracunan, seperti diungkap oleh Lilian Glass dalam bukunya, Toxic People: 10 Ways of Dealing with People who Make Your Life Miserable. Tingkat keracunannya mulai dari emosi yang mati rasa, kurang berenergi, merasa tidak berharga, sakit kepala, sampai mengalami ketegangan otot. Berikut lima tipe orang yang bisa menyebabkan keracunan, menurut Lilian Glass.

  1. Si tukang perintah sekaligus penggertak yang mengganggu. Orang seperti ini cenderung melihat orang lain sebagai musuh. Ia juga pemarah sekaligus orang yang argumentatif karena seolah dia mengetahui semua hal. Orang tipe ini suka memerintah kepada setiap orang yang ada di sekelilingnya dan sulit memaafkan atau melupakan kesalahan yang sepele sekalipun. Dia memiliki kebutuhan untuk menguasai orang lain dan cenderung kejam. Orang jenis ini bisa menyebabkan keracunan pada orang lain karena membuat orang lain stres, takut, dan tidak pernah mau menerima atau memberi respek kepada orang lain.
  2. Si pemurung dan pengeluh. Orang tipe ini kerap sedih, berpikir negatif, keras kepala, paranoid, skeptis, dan tentu saja pemurung. Dia terus-menerus dilanda kecemasan dan senantiasa mengeluh mengenai ketidakadilan dalam kehidupan ini. Orang jenis ini dapat menyebabkan keracunan karena menyebar atmosfer kemurungan dan cara pandang serta sikap hidup yang negatif kepada siapa saja yang ia temui.
  3. Si usil. Orang tipe ini suka menyerang, berani, mudah menghakimi, memuji diri sendiri, senang bergosip, mau tahu urusan orang, dan kasar. Orang jenis ini bukan hanya sulit untuk dihadapi, tapi juga suka membuat hidup orang lain susah. Kehidupannya sendiri cenderung tidak menyenangkan sehingga dia kemudian membuat rusuh kehidupan orang lain. Si usil benar-benar "beracun" karena dapat menyebabkan orang lain mendapatkan masalah keuangan, profesional, dan juga pribadi.
  4. Si recehan. Orang tipe ini suka mementingkan diri sendiri, kaku, bersikap murahan, senang dengan yang remeh-temeh, kerap gelisah, dan neurotik. Dia juga kerap omong besar dan menginginkan hal-hal yang besar namun dalam praktiknya lebih banyak fokus pada sisi kehidupan yang picisan. Dia bisa menggadaikan cinta dan perasaannya hanya demi uang. Orang tipe ini bisa membuat orang lain keracunan karena kerap mengambil keuntungan dari orang-orang di sekelilingnya, baik keuntungan materi maupun yang lainnya.
  5. Si narsis. "Me, myself, and I" adalah fokus dari si narsis. Dia senantiasa mementingkan diri sendiri, sikap ke-aku-annya sangat tinggi, cara bepikirnya dangkal, arogan, tidak bijaksana, dan canggung dalam bersosialisasi. Si narsis senang sekali melihat dan mendengarkan dirinya sendiri. Dia mengatakan "saya, punya saya, diri saya" lebih banyak daripada kata-kata yang lain dan kerap bermonolog-ria walaupun sebenarnya sedang berbicara dengan orang lain. Orang ini bisa menyebabkan orang lain keracunan karena tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk berpartisipasi dalam suatu diskusi, obrolan, atau dalam suatu hubungan yang sehat. Si narsis adalah satu dari berbagai tipe orang yang membosankan dan sulit diajak bekerja sama, karena dia hanya peduli dengan dirinya sendiri. Pedje

No comments:

Post a Comment