Wednesday, September 8, 2010

Menghalau Lapar Mata

Masih sering terkecoh oleh mata sehingga tak kuat menahan diri untuk tak mengunyah brownies yang ditawarkan teman Anda, sehingga Anda berkali-kali gagal menurunkan berat badan? Mungkin, Anda perlu ikut kelas yoga untuk mengatasi masalah tersebut. “Latihan yoga secara reguler akan meningkatkan kesadaran, suatu cara yang lebih baik dan lebih efektif dalam upaya menurunkan berat badan daripada melakukan diet,” ujar Riana A. Singgih, instruktur yoga dari Yoga Light. Dengan latihan yoga, tambah Riana, Anda lebih bisa mengenali tubuh Anda sendiri, belajar memilih makanan untuk tubuh Anda, dapat merasakan bahwa perut Anda sudah penuh terisi, dan Anda juga dapat mendeteksi apakah Anda sebenarnya makan karena sedang cemas, berada di bawah tekanan, bukan karena rasa lapar yang sesungguhnya. Berikut ini langkah-langkah yang dianjurkan Riana A. Singgih jika ingin menghindari godaan “lapar mata”.

  1. Berlatih yoga. Latihan yoga dapat memperbaiki sirkulasi darah ke kelenjar endoktrin utama (seperti kelenjar tiroid dan pankreas), yang dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda dan memperbaiki citra diri Anda juga—suatu cara yang dijamin dapat menghentikan kebiasaan ngemil Anda.
  2. Don’t skip meals. Pastikan Anda makan tiga kali sehari dengan baik: sarapan, makan siang, dan makan malam yang tak berat. Menurut ahli ayurveda, makan siang merupakan waktu makan yang penting karena ketika itulah unsur agni dalam tubuh Anda (api yang membakar makanan menjadi energi esensial) sedang dalam kondisi sangat kuat.
  3. Sikatlah gigi setiap habis makan untuk menjaga kesegaran mulut Anda.
  4. Ketika sedang berada dalam tekanan, lakukan meditasi lewat pernapasan Anda. Duduk tegak dalam posisi yang menurut Anda nyaman dan tariklah napas dalam-dalam sampai Anda merasa relaks.
  5. Minumlah air putih atau teh herbal hangat dengan sedikit madu daripada minum minuman ringan bersoda. Pedje

No comments:

Post a Comment