Thursday, August 26, 2010

Tabahlah…

Tak ada manusia yang sempurna. Jatuh-bangun juga merupakan hal yang biasa dalam kehidupan manusia. Bahkan, bisa dikatakan, tak ada orang bisa mencapai kesuksesan tanpa pernah melakukan kesalahan dan kegagalan. Justru, seperti telah banyak diungkapkan para motivator, kesuksesan itu merupakan kemampuan untuk menghadapi kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan entusiasme, gairah, untuk tetap bisa bangkit dan tak berhenti mencoba serta masih berani mengambil risiko.

Mungkin, pada awalnya memang sulit untuk bisa bersikap seperti itu ketika sedang menghadapi kegagalan, melakukan kesalahan, atau ditolak oleh orang lain. Namun, semakin berani menghadapi itu semua, Anda akan semakin kuat dan peluang untuk meraih kesuksesan semakin besar. Berikut lima langkah agar Anda dapat tetap tabah dalam menghadapi kegagalan atau penolakan.

1. Jangan terima penolakan sebagai hal yang personal. Anda mungkin benar-benar merasa gagal total, tapi penolakan atau merasa diabaikan orang lain tidak selalu karena kesalahan Anda. Semakin cepat Anda menyadari bahwa tidak semua hal berkenaan dengan Anda, akan semakin cepat pula Anda bangkit dari keterpurukan.

2. Cari informasi
. Bersikap tabah berarti juga mau belajar dari kesalahan. Tak ada salahnya juga Anda meminta pendapat dari teman atau seorang ahli untuk mengetahui lebih jauh apa yang membuat Anda gagal.

3. Membuka diri terhadap peluang baru
. Hadapi penolakan yang Anda alami dan jangan biarkan kekecewaan Anda menodai peluang yang Anda dapatkan saat ini.

4. Jujurlah
. Jangan ragu untuk curhat dengan sahabat karib atau pasangan Anda. Ungkapkanlah dengan jujur ketakutan dan kecemasan Anda menjalani langkah-langkah selanjutnya setelah mengalami kegagalan atau penolakan. Langkah ini akan membuat beban Anda berkurang dan dapat membuat keberanian Anda bangkit kembali.

5. Coba lagi
. Semakin banyak risiko yang Anda ambil semakin banyak juga sukses yang akan Anda raih. Bersikap tabah berarti juga Anda menjadi lebih mengetahui tentang diri Anda dan apa yang Anda inginkan dari hidup Anda. Selamat berjuang! Pedje

No comments:

Post a Comment