Monday, September 28, 2009

Banyak Jalan Melepas Stres

Stres? Pilihlah salah satu cara di bawah ini untuk mengusirnya.


Kapan pun kita terjebak dalam situasi dan kondisi yang membuat kita stres, tubuh kita mengalami serangkaian perubahan hormonal dan biokimiawi; seakan tubuh diletakkan pada “mode alarm”. Jantung kita pun akan berdetak lebih cepat, adrenalin menyerbu melewati arus darah, serta sistem pencernaan dan sistem imun untuk sementara terhenti. Jika pemicu stres berlanjut dan kita berada dalam kondis siaga tinggi untuk jangka waktu yang lama, kita pun akan mengalami kelelahan dan tak mustahil akan kehabisan tenaga.

Memang, tak seorang dari kita dapat menghindari stres. Tapi, kita dapat mengembalikan keseimbangan dan kontrol diri lewat berbagai cara, antara lain lewat cara menarik napas dalam-dalam, relaksasi, meditasi, dan berolahraga.

Latihan Pernapasan
Menarik napas dalam-dalam tidak hanya melibatkan paru-paru, tapi juga perut. Untuk melakukan pernapasan perut, duduklah bersandar dengan nyaman. Letakkan satu tangan Anda di dada dan satunya lagi di perut. Tarik napas melalui hidung dan tangan yang ada di perut Anda harus mulai terangkat. Tangan yang satunya lagi hanya bergerak sedikit saja. Keluarkan udara sebanyak yang Anda bisa, sementara itu kontraksikan otot perut Anda. Sekali lagi, tangan yang ada di perut harus bergerak ketika Anda mengeluarkan napas dan tangan yang lain hanya sedikit bergerak.

Relaksasi
Anda dapat mengombinasikan latihan menarik napas dalam-dalam dengan kontraksi terkontrol dan relaksasi otot-otot untuk mencapai level lanjutan dalam upaya mengusir stres.
  • Cobalah gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Tegangkan otot-otot jari kaki Anda. Tahan sampai 10 hitungan. Relaks dan nikmatilah pembebasan ketegangan itu.
  • Lenturkan otot-otot kaki Anda. Tahan sampai 10 hitungan. Relaks. Gerakkan perlahan tubuh Anda—kaki, perut, punggung, leher, dan wajah—kontraksikan dan kendurkan otot-otot sebagaimana Anda ketika berjalan pergi.
  • Tarik napas dalam-dalam perlahan.
Meditasi
Ketika Anda bermeditasi, Anda membawa seluruh energi pikiran bersama-sama dan fokus pada sebuah kata, sepotong bunyi, sebuah gambar yang menyenangkan, atau pada napas Anda. Lokasi yang ideal untuk meditasi adalah tempat yang senyap dan bersih. Umumnya, orang bermeditasi dengan duduk di lantai atau di sebuah kursi dan menutup mata mereka. Namun, sebenarnya, Anda tidak harus duduk atau diam di tempat ketika melakukan meditasi. Meditasi juga bisa dilakukan sambil berjalan, asalkan seluruh pikiran tercurahkan dan fokus pada langkah-langkah fisik Anda—sensasi dari sentuhan kaki Anda dengan lantai, ritme napas Anda ketika bergerak, embusan angin yang menerpa wajah Anda.

Berolahraga
Berolahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran. Berolahraga dapat membantu melepaskan stres karena menyediakan jalan bagi tubuh untuk melepaskan ketegangan dan rasa frustrasi yang mendekam di jiwa. (Pedje)

No comments:

Post a Comment