Wednesday, September 23, 2009

Mandi Memperbaiki Mood

Sebuah studi menemukan, mandi menjadi pilihan para atlet untuk meningkatkan energi mereka.


Jika Anda memerlukan vitalitas dan energi ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan, mandilah. Itulah yang dilakukan oleh umumnya para atlet di Inggris jika membutuhkan dorongan mental ekstra, seperti terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan ilmuwan The University of Wolverhampton School of Sport beberapa waktu lalu. Dari sejumlah atlet yang dijadikan subyek dalam penelitian itu, 55 persennya mengatakan bahwa mereka mandi berendam atau mandi di bawah pancuran untuk meningkatkan energi dan meningkatkan vitalitas. Mandi di bawah pancuran menjadi pilihan pertama mereka. Pilihan keduanya adalah tidur. Pindah lokasi latihan dan mendengarkan musik juga menempati urutan tertinggi sebagai cara untuk memperbaiki mood.

“Bagi para atlet, kesehatan fisik mungkin lebih penting dari segalanya. Tapi, jika pikiran mereka tidak tenang, mereka tidak akan tampil optimal,” kata psikolog olahraga Terry Orlick dalam bukunya, The Mental Edge. Studi itu sendiri mengungkapkan, kemampuan mengontrol mood akan menjadi peranti psikologis yang bermanfaat bagi atlet mana pun.

Karena itu, jangan terburu-buru ketika mandi. Bersenang-senanglah saat berendam atau ketika berada sedang membasahi seluruh tubuh di bawah pancuran, agar mood Anda segar kembali dan otot-otot tubuh Anda mengendur. Sebaiknya gunakan produk-produk mandi alami. Anda dapat menggunakan peppermint dan eukaliptus untuk membersihkan pernapasan dan relaksasi pikiran. Minyak sitrus dari jeruk dan lemon dapat membantu Anda mengatasi depresi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Untuk mengendurkan otot-otot tubuh, minyak marjoram merupakan pilihan tepat. Selamat mencoba! (Pedje)

No comments:

Post a Comment