Wednesday, September 30, 2009

Otak Kuat, Rasa Percaya Diri Meningkat

”Senam” mental sama pentingnya dengan senam fisik, karena mendatangkan banyak manfaat. Caranya ternyata simpel saja.

Tahukah Anda, setiap kali Anda mengalami sesuatu, otak Anda sebenarnya berubah? ”Kapan pun Anda membaca sebuah buku atau melakukan percakapan, aktivitas itu menyebabkan perubahan fisik dalam otak Anda. Setiap kali habis melakukan pertemuan atau mengalami sesuatu, otak Anda mengalami perubahan, kadang perubahan itu permanen. Fakta ini memang sedikit mengejutkan,” ujar George Johnson, penulis In the Palaces of Memory: How We Build the Worlds Inside Our Heads. Itu artinya juga, makanan yang Anda konsumsi, hal yang Anda pikirkan, dan aktivitas yang Anda lakukan dapat membuat kekuatan otak Anda berubah, menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Tidak sulit sebenarnya meningkatkan kekuatan otak Anda. Simpel saja: gunakan otak Anda dengan cara yang berbeda. Meski sederhana, cara ini dapat membuat suatu perbedaan yang sangat besar dalam hidup Anda. Dalam praktik keseharian, cara ini malah bisa menyenangkan, misalnya dengan bermain video game bersama anak Anda, mengisi teka-teki silang, mendengarkan buku elektronik, membaca puisi, atau mengambil rute berbeda ketika pulang dari kantor.

Itulah yang disebut sebagai senam mental dan ini sama pentingnya dengan senam fisik. Dan, menurut berbagai penelitian, aktivitas intelektual mendatangkan keuntungan yang dapat bertahan selama lima tahun. Maksudnya, kalau sekarang Anda sedang melakukan senam mental dengan mencoba menjawab pertanyaan teka-teki silang, otak Anda akan lebih punya sedikit kekuatan di masa datang, sehingga Anda pada suatu hari kelak dapat relatif mudah menguraikan tulis tangan teman Anda yang kusut masai atau ketika membaca peta.

Memang, memperkuat otak tidak membuat kita terhindar dari penyakit Alzheimer atau penyakit demensia lainnya, tapi mungkin memperlambat kemunduran otak kita seiring menuannya usia. Tambahan pula, meningkatkan kekuatan otak Anda akan memperbaiki memori Anda dan kemampuan memecahkan masalah. Juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri Anda sendiri. (Pedje)

No comments:

Post a Comment