Thursday, October 29, 2009

30+ Buku Pilihan untuk Anda

Jangan menilai buku dari sampulnya! Empat perempuan ini pun memilihkan beragam judul buku yang menurut mereka layak Anda baca.


Dalam sebuah kesempatan, salah seorang sastrawan terkemuka Amerika Serikat yang juga dikenal sebagai sosok yang humoris, Mark Twain, pernah berkelakar. Katanya, “Be careful about reading health books. You may die of a misprint.” Namun, meski berkelakar, ungkapan Mark Twain itu tampaknya ada benarnya. Karena, walau buku merupakan hasil budaya yang banyak mengubah wajah dunia, sikap kritis, sikap hati-hati, tetap diperlukan dalam membaca buku—apalagi sekarang ini, ketika banyak sekali buku diterbitkan dan diperjualbelikan, baik buku lokal maupun buku impor.

Memang, kita sama-sama tahu, tak semua buku mengandung muatan yang bermutu atau setidaknya kita perlukan. Tak sedikit buku yang isinya menurut hemat kita mungkin kurang layak untuk dipublikasi atau setidaknya tidak dapat memenuhi hasrat keingintahuan kita. Karena itulah, agar tak terjebak melakukan tindakan pemborosan karena membeli buku yang tidak bermutu atau tidak kita perlukan, tak ada salahnya kalau kita membaca tinjauan buku yang ada di media massa atau meminta pendapat teman yang telah membaca buku yang akan kita membeli.

Dengan pemikiran seperti itu, eve pun mengundang empat perempuan yang kami ketahui sebagai pembaca buku yang baik, untuk merekomendasikan buku apa saja yang kira-kira layak dibaca Anda, pembaca eve, yang kemungkinan besar dapat mendatangkan kesenangan sekaligus manfaat, dulce et utile, bagi Anda. Selamat membaca!

Happy Salma, Artis, 27 Tahun
“Wah, saya saat ini lagi mencoba menyelesaikan membaca novel Ibunda karya Maxim Gorky, yang diterjemahkan dengan bagus oleh Pramoedya Ananta Toer. Saya terkesan dengan novel ini, karena Gorky begitu detail dan piawai menggambarkan sosok seorang ibu yang setiap hari mencemaskan keselamatan putranya, yang aktif terlibat dalam berbagai aksi di tengah kaum buruh. Pada dasarnya, saya memang suka dengan bacaan-bacaan yang menampilkan sosok perempuan pejuang dan perempuan yang mengalami metaforsis dalam kehidupannya.

“Buku favorit saya sendiri adalah Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Menurut saya, ini karya yang ‘edan’. Saya kagum dengan keahlian Pram dalam menggambarkan penderitaan seorang gadis. Itulah sebabnya, karena membaca buku ini, saya ingin sekali berkenalan dengan Pramoedya dan, alhamdulillah, saya sempat berkenalan dengan beliau ketika beliau masih hidup.

“Saya sudah membaca Gadis Pantai berkali-kali. Saya menyukai bagian novel ini ketika si gadis mengalami kebingungan karena dirinya diserahkan kepada Bendoro dan ketika ia mulai berpikir, kemudian masuk ke dalam permasalahan hidupnya.

“Pram memang salah seorang sastrawan favorit saya. Beberapa waktu lalu, karena untuk keperluan pementasan teater Nyai Ontosoroh, saya juga membaca ulang tetralogi Pulau Buru karya Pram: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.”

Buku-Buku Pilihan Happy untuk Anda
  1. Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer
  2. Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer
  3. Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer
  4. Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana
  5. Ibunda karya Maxim Gorky
  6. Pulang karya Happy Salma
  7. Candy Candy karya Kyoko Mizuki dan Yumiko Igarashi. “Komik ini simpel dan bagus.”

Aisah Hasibuan, Guru Bahasa Inggris, 27 Tahun
“Saya sekarang sedang membaca novel Can You Keep A Secret karya Sophie Kinsella, yang edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Pustaka Utama Gramedia. Novel ini menceritakan tentang Emma, seorang gadis biasa yang sering berbohong untuk menutupi kesalahannya. Namun, pada suatu hari, dia tanpa sengaja mengungkapkan semua kebohongannya kepada seorang lelaki yang baru ia kenal di pesawat. Tadinya, dia mengira dirinya tidak akan bertemu pria itu lagi. Namun, ternyata, lelaki tersebut adalah pemilik perusahaan tempat Emma bekerja.

“Cerita novel ini menggelitik tawa dan kekonyolan Emma sangat manusiawi, bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan, saya rasa, saya sering mengalaminya, ha-ha-ha….

“Buku-buku favorit saya adalah Being Happy karya Andrew Matthews. Buku ini cocok dibaca kalau kita sedang down. Lewat buku ini, kita juga menjadi tahu bahwa untuk menjadi bahagia itu tak sesulit yang kita bayangkan. Selain itu, buku favorit saya adalah Chicken Soup for the Soul karya Jack Canfield & Mark V. Hansen, yang kisah-kisahnya membuat kita ‘kaya jiwa’, dan Men Are from Mars, Women Are from Venus karya John Gray, yang membuat kita bisa memahami sifat-sifat lawan jenis sehingga kita tidak selalu berpikir one-sided.”

Buku-Buku Pilihan Aisah untuk Anda
  1. Being Happy karya Andrew Matthews
  2. Rich Dad, Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki. “Agar kita dapat belajar mengatur uang dengan bijak.”
  3. 7 Habits of Highly Effective People karya Steven R. Covey. “Ini buku wajib yang harus dimiliki semua orang.”
  4. 365 Tips Hidup Sehat karya Dr. Don R. Powel. “Bahasanya mudah dimengerti dan anjurannya mudah dipraktikkan.”
  5. You Are What You Think karya David Stoop. “Memotivasi kita untuk optimistis dan selalu berpikir positif.”
  6. Men Are from Mars, Women Are from Venus karya John Gray
  7. Can You Keep A Secret karya Sophie Kinsella
  8. Chicken Soup for the Soul karya Jack Canfield & Mark V. Hansen
  9. Einstein aja Tak Tahu karya Robert L. Wolke “Penjelasan tentang kejadian sehari-hari, yang bikin kita serasa semakin pinter.”
  10. The True Power of Water karya Masaru Emoto
  11. The 7 AHA!s of Highly Enlightened Souls karya Mike George. “Di buku ini ada tips-tips agar kita bisa terbebas dari segala bentuk stres.”

Ninok Wiryono, Artis, 39 Tahun
“Sekarang ini, saya sudah hampir selesai membaca buku Burnt Toast: And Other Philosophies of Life karya Teri Hatcher. Buku ini menggambarkan bagaimana Teri Hatcher melepaskan diri dan bangkit dari berbagai kungkuangan yang membelenggu hidupnya, mulai dari perceraian sampai kencan yang buruk. Saya suka membaca buku ini, karena Teri Hatcher seakan menyemangati pembaca bukunya agar tetap survive dalam kehidupan, meski usia kita sudah kepala empat--saya sendiri kan sebentar lagi akan berusia 40 tahun. Itulah sebabnya, buku Teri Hatcher ini menjadi salah satu buku favorit saya, yang saya rekomendasikan agar dibaca oleh pembaca eve. Lewat buku ini kita jadi bisa memaknai kembali ungkapan ‘life begins forty’ yang terkenal itu.

“Pada dasarnya, saya suka membaca apa saja, tidak membatasi diri dalam satu bidang saja. Sepanjang buku itu bagus, menurut saya, saya akan menuntaskan pembacaannya. Jadi, jangan heran jika topik dari buku-buku yang saya rekomendasikan untuk pembaca eve beragam.

“Biasanya, sebelum saya membeli satu buku, saya baca dulu review-nya yang ada di media massa, termasuk di Internet. Kalau ada buku yang bagus menurut orang yang pernah membacanya dan saya tertarik dengan topiknya, saya akan membeli buku itu.”

Buku-buku Pilihan Ninok untuk Anda
  1. The Purpose Driven Life karya Rick Warren
  2. Burn Toast karya Teri Hatcher
  3. The Good Girls Guide to Bad Girl Sex karya Barbara Keesling
  4. Tips Menjadi Wanita Paling Bahagia di Dunia karya Dr. Aidh bin Abdullah Al-qarni, M.A.
  5. Instant Confidence karya Paul McKenna
  6. Spiritual Intelligence: What We Can Learn from the Early Awakening Child karya Marsha Sinetar
  7. Angry Housewives karya Lorna Landvick
  8. Lillian Too’s Fengshui karya Lillian Too

Lia Helena, Sekretaris Eksekutif, 35 Tahun
“Buku yang sedang saya baca sekarang adalah Shopaholic & Baby karya Sophie Kinsella, yang edisi bahasa Indonesia baru saja diterbitkan oleh Gramedia. Buku ini merupakan seri kelima dari serial Shopaholic. Kisahnya tentang tokoh bernama Becky Bloomwood yang sangat keranjingan belanja, yang kini telah menikah dan tengah menanti kelahiran anak pertamanya. Sama halnya seperti buku Shopaholic terdahulu, kisahnya berputar pada tokoh Becky yang berusaha untuk mengontrol dan mengurangi kebiasaan belanjanya, meskipun hasilnya belum terlihat. Berbagai kelucuan terjadi karena tokoh Becky Bloomwood mirip sekali dengan kelakuan kaum perempuan umumnya, yang pada saat belanja exciting berat, tapi waktu melihat seberapa banyak telah berbelanja menjadi panik.

“Buku ini bagi saya menarik karena kisahnya mirip juga dengan keadaan saya sehari-hari, yang memang doyan belanja alias shopaholic dan saya terdorong untuk mengikuti kelanjutan seri Shopaholic karena alur ceritanya simpel sekaligus sangat menghibur. Bahasanya yang sangat mengasyikkan membuat saya jadi tenggelam dalam tokoh Becky tersebut. Selipan-selipan humornya juga membikin saya suka terbahak-bahak sendiri. Membaca serial Shophaholic rasanya seperti sedang bercermin, ha-ha-ha....

“Buku favorit saya sepanjang masa adalah kumpulan dongeng Hans Christian Andersen. Bagi saya, cerita Andersen yang sangat indah dan penuh pesan kebaikan membuat cerita-ceritanya timeless dan cocok dibaca semua kalangan umur dan tidak akan lekang dimakan masa. Yang juga menjadi buku favorit saya adalah Selfhelp serial Don’t Sweat The Small Stuff karya Richard Carlson, Rojak karya Fira Basuki, dan 3 Venus karya Clara Ng.”

Buku-Buku Pilihan Lia Helena untuk Anda
  1. Children Are From Heaven karya John Gray
  2. Men Are from Mars, Women Are from Venus karya John Gray
  3. Supermom karya Kathy Buckworth
  4. When You Stop Being Barbie karya Mary Pierce
  5. 3 Venus karya Clara Ng
  6. Shopaholic Series (1-5 ) karya Sophie Kinsella
  7. Rojak karya Fira Basuki
  8. Don’t Sweat the Small Stuff for Moms karya Kristine Carlson
  9. Don’t Sweat the Small Stuff for Couples karya Richard Carlson (Pedje)

No comments:

Post a Comment