Monday, November 23, 2009

10 Cara agar Lebih Cerdas dan Tak Mudah Lupa

Dengan berbagai upaya yang sederhana, otak Anda akan tetap sehat dan daya ingat Anda tetap kuat meski usia beranjak tua.


“Ketika Anda membaca sebuah buku atau melakukan percakapan, kegiatan itu menyebabkan perubahan fisik pada otak Anda,” kata penulis sains, George Johnson, yang menulis buku In the Palaces of Memory: How We Build the Worlds Inside Our Heads. Mungkin, tambah Johnson, sedikit menakutkan kalau Anda membayangkan bahwa, ketika Anda baru saja mengalami sesuatu, otak Anda sebenarnya berubah dan kadang perubahan itu permanen. Berikut ini beberapa langkah agar Anda bisa menjadi cerdas dan tak mudah lupa, dengan cara mengembangkan fungsi-fungsi otak Anda dan cara Anda berpikir.

1. Cobalah sesuatu yang baru. Otak yang aktif dapat memperlambat penurunan mental yang datang seiring bertambahnya usia. “Suatu kebiasaan mental yang baik selama hidup akan dapat mencegah penurunan mental,” ungkap peneliti dari University of Alberta, Kanada, Dr. Dennis Foth. Menurut dia, orang yang punya rasa ingin tahu tinggi pada masa mudanya kemungkinan mentalnya aktif dan tetap begitu pada masa tuanya. “Dan, kami menemukan, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Dengan sedikit usaha, bahkan orang yang usianya sudah 70 dan 80 tahunan dapat membuat perbaikan yang dramatis,” ujar Dennis Foth. Menghafal puisi, mempelajari sebuah instrumen musik baru, atau mengambil kursus bahasa Spanyol adalah cara yang bagus untuk menguatkan memori Anda dan meningkatkan kesehatan otak Anda.

2. Jadilah relawan. “Kaum Samaria yang baik telah membuktikan bahwa stres yang rendah dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki merupakan faktor-faktor yang memberi nilai tambah lebih baik bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan otak,” kata Michelle Schoffro Cook, penulis buku The Brain Wash: A Powerful, All-Natural Program to Protect Your Brain Against Alzheimer's, Chronic Fatigue Syndrome, Depression, Parkinson’s, and Other Diseases . Kegiatan menjadi relawan ada banyak manfaatnya bagi otak, termasuk peningkatan fungsi mental dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Kuncinya barangkali ada pada "tingginya rasa ingin menolong"—suatu rasa yang tenang dan membahagiakan yang datang ketika menolong orang lain. Kegiatan menjadi relawan dapat juga meningkatkan kesehatan otak Anda dengan munculnya rasa percaya diri dan self-efficacy Anda.

3. Bergaullah dengan sesama manusia. ”Bercakap-cakap dapat meningkatkan memori dan kemampuan berpikir,” tutur Oscar Ybarra, psikolog dari University of Michigan, Amerika Serikat. Lebih jauh, Oscar Ybarra meyakini bahwa mengunjungi teman atau tetangga juga dapat membantu kesehatan otaknya, seperti halnya mengisi teka-teki silang. Dalam studinya, ia mengungkapkan, ”Interaksi sosial selama sepuluh menit pun dapat meningkatkan kinerja intelektual, yang hasilnya sama dengan aktivitas intelektual dalam waktu yang sama.”

4. Mengejar keberagaman. Jangan mengandalkan suatu olahraga, suplemen, atau makanan khusus untuk meningkatkan kesehatan otak Anda. Lakukanlah berbagai aktivitas yang berbeda. Misalnya, membawa jalan seorang anak jika Anda biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang dewasa atau olahraga lari jika Anda biasanya ikut kelas yoga. Dengan lebih banyak tantangan untuk otak dan tubuh Anda, Anda akan menjadi lebih sehat dan lebih kuat.

5. Lakukan "senam otak". ”Latihan-latihan kognitif tertentu dapat menciptakan asosiasi-asosiasi baru di antara bagian-bagian otak yang berbeda,” ujar ahli neurobiologi Lawrence Katz dari Duke University, Amerika Serikat. Contoh senam otak antara lain memakai baju atau mandi dalam kegelapan, mengubah cara melakukan sesuatu yang biasa Anda lakukan, menggunakan tangan yang biasa tidak Anda gunakan bila melakukan sesuatu, melihat gambar secara terbalik, atau membuat masakan khas daerah tertentu tanpa persiapan sebelumnya.

6. Hindari alkohol. Semakin banyak Anda minum minuman beralkohol, volume otak Anda akan semakin menurun. Bila kemampuan intelektual dan kognitif Anda ingin meningkat, hindarilah meminum minuman beralkohol.

7. Hiruplah aroma cendana. “Wewangian alami berpengaruh langsung ke otak dan riset memperlihatkan bahwa beberapa unsur pokok kimiawi dari aromatherapy oils, khususnya sesquiterpenes dapat memperlancar peredaran darah di otak dan meningkatkan arus oksigen ke otak,” ungkap Michelle Schoffro Cook dalam bukunya. Oksigen berlebih dapat meningkatkan energi, fungsi imun, mood positif, dan kemampuan belajar. Khususnya frankincense dan cendana dapat meningkatkan level oksigen di otak.

8. Menarilah. Tari membutuhkan gerakan berlenggak-lenggok yang menguatkan hubungan-hubungan di otak. Mempelajari berbagai gerak tari menyuburkan sel-sel otak. ”Latihan tari dapat melindungi otak dari serangan racun-racun lingkungan dengan cara menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan,” tutur Michelle Schoffro Cook. Aktivitas fisik adalah satu dari banyak cara untuk merangsang pertumbuhan sel baru otak dan menguatkan daya ingat Anda.

9. Tidurlah yang cukup. Otak Anda membutuhkan energi yang banyak agar dapat berfungsi dengan baik. Tidur dapat menguatkan daya ingat Anda dan memberikan kemampuan bagi otak Anda untuk memproses informasi. ”Meski tidak seksi, saran tradisional untuk tidur yang cukup tetap efektif,” kata Rachel Morehouse dari Atlantic Health Sciences Sleep Centre, Kanada. Untuk meningkatkan kesehatan otak Anda, bangun dan tidurlah dalam waktu yang sama. Tetaplah aktif melakukan berbagai kegiatan, tapi hindari berolahraga di sore atau malam hari karena dapat membuat Anda susah tidur. Buatlah diri Anda mengantuk dengan mendengarkan musik atau membaca buku. Nikmati makanan yang sehat, makan makan yang ringan pada malam hari, dan hindari kopi.

10. Kurangi paparan neurotoksin. Bahan kimia berbahaya, bahan tambahan makanan, dan kandungan kimia pengubah rasa makanan dapat mengganggu kesehatan otak dan tubuh Anda. Karena tidak mungkin Anda dapat benar-benar menghilangkan pencemaran dari lingkungan Anda, yang dapat Anda lakukan adalah dengan membatasinya. Produk yang murni, produk organik, wewangian alami, whole foods, dan udara segar akan meningkatkan kesehatan otak Anda dan menguatkan daya ingat Anda. (Pedje)


No comments:

Post a Comment