Friday, November 27, 2009

Atur Ulang Rencana Makan Anda

Dengan perencanaan makan yang baik, mood Anda pun bisa berubah menjadi lebih baik.


Makanan juga bisa memengaruhi mood Anda. Karena itu, jika Anda termasuk orang yang mudah tersinggung, gampang marah, dan suka membentak teman, keluarga, atau rekan sekantor, tampaknya Anda perlu membuat perencanaan makan yang lebih baik. Berikut ini langkah-langkah yang dapat menstabilkan gula darah Anda, yang pada gilirannya juga akan memperbaiki mood Anda menjadi lebih baik.

  • Makanlah setiap empat atau lima jam sekali. Makan secara konsisten setiap hari memberikan suatu sumber bahan bakar yang konstan bagi otak dan tubuh Anda. Strategi makan setiap empat atau lima jam ini akan mencegah disinfeksi pada tingkat gula darah Anda. Orang-orang yang didiagnosa hypoglycemia mungkin perlu makan lebih sering (dua atau tiga jam sekali).
  • Batasi karbohidrat olahan untuk membantu mengurangi ketidakstabilan gula darah. Meskipun karbohidrat olahan semacam roti tawar dan biskuit ada yang tanpa gula, jenis makanan ini sangat cepat diolah menjadi gula di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat (dan menurunkan dengan cepat pula)—yang membuat Anda menjadi mudah tersinggung dan cepat lelah. Efek ini akan semakin cepat terpicu lewat sumber-sumber gula konsentrat dalam minuman bersoda, permen, jus buah, selai, dan sirup.
  • Konsumsi serat-mudah-larut. Makanan yang kaya dengan kandungan serat-mudah-larut berkhasiat memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dan meminimalkan ketidakstabilan mood. Masukkanlah oat, beras merah, apel, pir, strawberi, jeruk, ubi, wortel, kacang polong, dan buncis ke dalam program diet Anda.
  • Tambahkan protein dalam setiap menu makan Anda atau dalam camilan Anda (jika memungkinkan). Tambahan protein dalam makanan akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dalam darah. Langkah ini dapat membantu meningkatkan kegembiraan dan produktivitas Anda selama berjam-jam setelah makan. (Pedje)

No comments:

Post a Comment