Saturday, November 28, 2009

Liburan tanpa Stres

Berlibur mestinya membuat Anda senang, bukan malah membuat Anda mengalami stres.


Pergi berlibur bagi Anda mungkin sudah menjadi agenda rutin setiap semester atau malah setiap sebulan sekali. Namun, tetap saja, perencanaan liburan yang matang merupakan hal penting, agar liburan Anda bisa benar-benar menyenangkan, apalagi bila liburannya ke luar negeri yang jauh. Tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda menciptakan perjalanan liburan tanpa stres.

  1. Buat perencanaan sebelum Anda memutuskan untuk berlibur. Lakukan juga persiapan fisik, seperti berolahraga, dan buat catatan-catatan apa saja yang Anda butuhkan dalam liburan yang akan Anda jalani. Bila menggunakan jasa agen perjalanan, informasikan catatan-catatan Anda itu kepada mereka.
  2. Bila ingin berlibur ke luar negeri, persiapkan jauh-jauh hari sehingga Anda punya waktu yang cukup untuk mengurus berbagai dokumen yang diperlukan, seperti paspor, visa, travellers’ cheques, dan menukar mata uang.
  3. Perencanaan liburan jauh-jauh hari juga akan membuat Anda bisa berhemat, karena biasanya biaya perjalanan relatif lebih murah daripada perjalanan dadakan. Dengan perencanaan jauh-jauh hari, Anda juga akan mendapat kepastian tempat untuk menginap. Perjelas lagi apa yang Anda butuhkan selama liburan dan jelaskan juga kepada agen perjalanan jika Anda memiliki kebutuhan khusus, misalnya menu makanan khusus, akses mobilitas, kondisi kesehatan Anda, dan keperluan medis yang Anda harapkan di tempat tujuan Anda.
  4. Ketika berlibur dengan bantuan agen perjalanan atau operator tur, pastikan Anda mengetahui hak-hak Anda. Lazimnya, ada perjanjian tertulis ketika kita akan mengikuti sebuah tur yang dikoordinasi oleh agen perjalanan. Dan, Anda berhak menerima akomodasi liburan atau penerbangan yang sesuai dengan isi kontrak tersebut. Catat juga hal-hal detail yang berhubungan dengan urusan liburan Anda, seperti nama tempat penginapan Anda, tanggal dan waktu Anda serta nama orang yang Anda kontak ketika melakukan reservasi, dan nomor teleponnya.
  5. Pelajari budaya, geografi, dan sejarah tempat tujuan liburan Anda.
  6. Dengan maraknya berbagai penyakit menular di banyak negara, lakukan vaksinasi sebelum melakukan liburan ke luar negeri, misalnya vaksinasi flu dan meningitis.
  7. Ceklah, apakah kartu SIM telepon selular Anda bisa digunakan di luar negeri.
  8. Bawa uang dalam berbagai jenis, seperti uang tunai, kartu kredit, dan travellers’ cheque. Jangan letakkan semua jenis uang itu di dalam satu dompet.
  9. Sebaiknya juga Anda memiliki asuransi kecelakaan dalam perjalanan. (Pedje)


No comments:

Post a Comment